SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

Pekon Sukajadi Pesibar Gelar Musrenbangdes tahun 2023

sakabuana.com // Pesisir Barat - Bazargan, Peratin (Kepala Desa) Sukajadi, Kecamatan Krui Selatan sangat mengharapkan masukan serta aspirasi dari warga terkait dengan rencana pembangunan. 

Hal itu diungkapkan Peratin saat menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di balai pekon setempat, Rabu (9/11/2022).


Dikatakannya, setiap peserta rapat mempunyai hak bicara menyampaikan ide, gagasan, atau keinginan tentang rencana pembangunan pekon, baik fisik maupun non fisik.


"Semua usulan itu akan disesuaikan dengan kebijakan prioritas Dana Desa (DD) tahun 2023 oleh kementerian Pedesaan," ujar Peratin 

Lanjutnya, adapun poin-poin yang disampaikan diantaranya:

1. Usulan masyarakat ditengah musim  pancaroba dan musim hujan, menginginkan supaya Pekon jangan sampai dilanda banjir.

2. Masyarakat menginginkan adanya penerangan jalan khusus di gang-gang pekon.

3. Adanya pengerasan / rabat beton di wilayah pemangku IV.

4. Usulan terkait solusi tentang kelangkaan pupuk pada pertanian.


Point ke Empat diatasi hanya beberapa yang dirangkum dikarenakan masih banyak lagi usulan dari pada masyarakat saat menyampaikan aspirasi di dalam musrenbangdes. Tentunya semua usulan itu sudah diterima dan dicatat, serta akan dibahas lebih lanjut oleh Peratin, LHP, LPM dan Pendamping Desa, pungkas Bazargan.


Musrenbangdes tersebut dihadiri 65 orang peserta dan undangan, diantaranya Camat Krui Selatan, Peratin, LHP, LPMP, Linmas, TA dan  Pendamping Desa, serta perwakilan-perwakilan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Adat, PKK dan Karang Taruna,tutup.


*(RIFKI)