SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

Pemkab Pesisir Barat Laksanakan Upacara Paripurna Bulanan Sekaligus Memperingati Hari Bela Negara dan Hari Ibu Tahun 2022

Pesisir Barat, sakabuana.com - Pemkab Pesisir Barat melaksanakan Upacara Paripurna Bulanan Sekaligus Memperingati Hari Bela Negara dan Hari Ibu, yang digelar di halaman Kantor Pemkab Pesisir Barat yang diikuti oleh peserta Upacara yang terdiri dari dari Unsur TNI, Polri, Satpol PP, Damkar, Dinas Perhubungan, ASN, TKD Pemkab Pesisir Barat, dan seluruh peserta Upacara, Kamis (22/12/2022).

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H bertindak sebagai Inspektur upacara, Kadis Pariwisata I Nyoman Setiawan, SE., MM bertindak sebagai Perwira Upacara, M. Abridho dari Satpol PP bertindak sebagai Komandan Upacara, dan Babinsa KP Pekon Maryadi sebagai Pembaca Sapta Marga, Petugas Pengibar Bendera Merah dari Satpol PP Kabupaten Pesisir Barat.

Upacara tersebut juga dihadiri oleh, Ketua Umum TP-PKK Septi Istiqlal, Wakil ketua 1 TP. PKK Yulnawati Zulqoini beserta anggotanya, Ketua DPRD Pesisir Barat Agus Cik, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat.

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H dalam amanatnya menyampikan upacara pada hari ini merupakan upacara rutin bulanan di Kabupaten Pesisir Barat, pada kesempatan ini Wakil Bupati mengajak kita semua, baik yang bertugas pada instansi vertikal, TNI-Polri, BUMD, BUMN maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) pada jajaran Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat untuk terus berbenah diri terutama dalam hal meningkatkan akuntabilitas kinerja dan pelayanan publik agar semakin baik, semakin responsif dan memuaskan.

Seluruh warga Negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

Bela Negara adalah sikap, perilaku dan tindakan warga Negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan Wilayah serta keselamatan Bangsa dan Negara. Bela Negara dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawan dan rela berkorban dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

nilai dasar Bela Negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi Negara, rela berkorban untuk Bangsa dan Negara, dan kemampuan awal Bela Negara. nilai-nilai inilah yang harus terus di implementasikan dalam program pembinaan kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Pada peringatan hari Bela Negara Ke-74 Tahun 2022 ini, Wakil Bupati juga mengajak seluruh komponen Bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan bertanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara.

jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela Negara, membangun Bangsa dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. selamat hari Bela Negara ke-74 "Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku".

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati juga mengucapkan selamat Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022 dengan tema "Perempuan Berdaya Indonesia Maju". untuk mendukung tema utama tersebut. tema tersebut menekankan bahwa perempuan juga mempunyai kesempatan, akses, serta peluang yang sama seperti laki-laki sebagai sumber daya pembangunan.

Hari Ibu di Indonesia memiliki makna yang jauh lebih besar. Hari Ibu dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan indonesia sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam kongres perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Peringatan Hari Ibu (PHI) sejatinya adalah penanda pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa dalam mendidik generasi Bangsa sekaligus berperan besar dalam menyuarakan hak-haknya guna mendapatkan perlindungan dan mencapai kesetaraan gender.

"Hari Ibu menjadi pengingat bahwa perempuan merupakan sumber daya potensial dan mampu berkontribusi setara dalam pembangunan serta menjadi pondasi yang kuat bagi tumbuhnya generasi yang berkualitas di tanah air".

Sejarah menunjukkan bahwa perempuan Indonesia turut memberikan sumbangsih nyata dan menorehkan kiprah dalam pembangunan Bangsa Indonesia. mudah-mudahan momentum PHI ke-94 ini dapat menggugah berbagai pihak dalam pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati mengingat kembali bahwa dalam menyambut Libur Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di harapkan kepada seluruh masyarakat agar tetap selalu berhati- hati dalam menjalankan segala aktivitas karena informasi yang didapatkan dari BMKG yang mensinyalir bakal marak terjadi bencana alam di bulan November 2022 hingga Februari 2023 Yang berupa gunung meletus, gempa, banjir, longsor, badai, ombak besar hingga tsunami yang mengancam mobilitas masyarakat dalam mengisi liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru 2022-2023).

*(RIFKI)