SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

Ternyata Ini Yang Dilakukan Mahasiswa KKN Unila di Pekon Lemong Pesisir Barat

Pesisir Barat, sakabuana.com- Mahasiswa KKN dari Universitas Lampung (Unila) bersilaturahmi ke rumah Rozati, salah satu warga masyarakat yang ada di pemangku satu pekon Lemong. Kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung dan meneliti kerajinan tangan yang merupakan pakaian Khas Adat Lampung yaitu Kain Tapis, sekaligus menanyakan masalah untuk pemasarannya.


Salah satu Mahasiswa KKN Unila di Pekon Lemong menuturkan, Bahwa penilitian Adat Budaya dan pakaian Khas Lampung yang ada di pekon Lemong ini merupakan salah satu Program Kerja kami,ujarnya. 

Ditambahkannya, Kegiatan kami hari ini adalah melihat dan meneliti secara langsung bahwa di Pekon Lemong ini banyak sekali potensi-potensi Adat, Makanan Khas serta Kerajinan Tangan Tapis, yang merupakan Pakaian Khas Lampung. 

"Uniknya di Pekon Lemong ini ada makanan yang dinamakan Pandap, merupakan makanan Khas Lampung Khususnya Pesisir Barat. Dan juga ada pembuatan Bakul perambu yang merupakan kerajinan tangan masyarakat di Pesisir Barat dan anyaman tikar yang terbuat dari Pandan," terangnya.

Dalam hal ini, tentunya kami Mahasiswa KKN Unila melihat secara langsung proses pembuatannya, dan akan kami bantu masyarakat yang mempunyai keahlian di bidang nya masing-masing untuk melakukan pemasara melalui Website. 

Supaya kedepannya lebih dikenal lagi, bahwa Kabupaten Pesisir Barat Khususnya di Pekon Lemong banyak Budaya Kesenian, Kerajinan Tangan, dan Makanan Khas yang wajib di kembangkan, imbuhnya.

"Harapan Kami mahasiswa KKN Unila kedepannya akan meneliti salah satu budaya Kakiciran. yang mana info ini kami dapatkan dari masyarakat di Pekon Lemong, Budaya Kakiciran ini merupakan salah satu budaya adat istiadat yang mana acara nya di gelar pada malam satu Syawal sampai selesai dari kampung ke kampung secara bergantian khusunya di Kecamatan Lemong dan Kecamatan Pesisir Utara".

Dilanjutkannya, Kami selaku Mahasiswa- Mahasiswi KKN dari Universitas Lampung (Unila) yang ada di pekon Lemong ini mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pekon Lemong atas partisipasinya, serta mendukung penuh Program-program kerja kami, dan juga kepada Karang Taruna yang ikut serta mensukseskan program Kerja Kami para Mahasiswa KKN, pungkasnya.

Penulis :RIFKI
Editor   : Merry