SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

Dalam Rangka Sukseskan BBKT Tahun 2023, Karang Taruna Gelar Rakor di Lamban Apung Pesisir Barat

Pesisir Barat, sakabuana.com - Karang Taruna Pesisir Barat siap menyukseskan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) Provinsi Lampung 2023, yang akan dilaksanakan di Pesisir Barat pada bulan September mendatang mulai dari Karang Taruna tingkat Pekon, Tingkat Kecamatan dan Kabupaten, melaksanakan Rakor di Lamban Apung Pesisir Barat, Sabtu (11/3/2023).

Rapat Kordinasi (Rakor) dihadiri Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona, Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Septi Istiqlal, Ketua DPRD Pesisir Barat  Agus Cik, seluruh Ketua Karang Taruna se-Provinsi Lampung, dan pengurus Karang Taruna tingkat kecamatan dan pekon se-Pesisir Barat.

Suryadi, selaku Ketua Karang Taruna Pesisir Barat, Dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung dan Pengurus Karang Taruna Provinsi atas kehadirannya di Negri Para Sai Batin dan Para Ulama.


Suryadi juga menyampaikan siap menggelar BMKT Tingkat Provinsi Lampung. Beberapa agenda akan digelar seperti Film Pendek dan Kunjungan Ramadhan dari seluruh Kecamatan Kader Karang Taruna berpartisipasi dengan kegiatan yang bermanfaat.

Ditambahkannya, pihaknya juga akan kembali menggiatkan salah satu tradisi masyarakat Pesisir Barat  pada bulan Ramadhan.

"Pada malam 27 Ramadhan nanti, kita akan hidupkan kembali tradisi masyarakat yang kini sudah mulai jarang ditemui yaitu membakar susunan tempurung kelapa menjulang hingga 1 Meter lebih",ujar Suryadi.

Tradisi ini biasa disebut masyarakat Memalaman Pitu Likokh, selama bulan Ramadhan juga pengurus Karang Taruna kabupaten akan aktif melangsungkan safari ramadhan dengan berkeliling disetiap pengurus kecamatan," imbuhnya.

Masih Kata Suryadi, Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Pesisir Barat yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap program kerja Karang Taruna Pesisir Barat, pungkasnya.
Dalam kesempatan itu, A. Zulqoini Syarif, selaku Wakil Bupati Pesisir Barat Dalam sambutannya mengatakan, Pesisir Barat akan menjadi Tuan Rumah pada Bulan September Tahun 2023 Karang Taruna Berkembang Semakin Cerdas.

Sementara, Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona Dalam Sambutannya, Berharap Karang Taruna di Pesisir Barat mampu seperti Daerah lain, mermanfaat buat Masyarakat sekitar dan bukan hanya sekedar Srimoni, Karang Taruna bukan hanya mengurusi Sosial akan tetapi berpikir secara Global, harapnya.

"Rakor yang digelar pada hari ini ada temanya bukan hanya sekedar Rakor tetapi mempunya misi. Alhamdulillah pada saat BMKT di Tulang Bawang pada tahun lalu, Pesisir Barat akan menjadi tuan rumah pada tahun 2023, Dimana BBKT itu merupakan Lebaran Anak-anak Karang Taruna dan Bukan hanya yang aktif tetapi pengurus yang pasif juga, Imbuhnya.

Dendi Ramadhona juga mengapresiasi keaktifan Karang Taruna Pesisir Barat  dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan rutinnya.

Lebih jauh Dendi mengatakan bahwa BBKT merupakan salah satu puncak pengabdian para pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna.

"Karena melalui BBKT kita bisa mempersembahkan kemampuan kita dalam berbagai bidang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat Umum dan memberikan manfaat untuk kemajuan Pekon ataupun Kabupaten".

Saat ini Karang Taruna tidak hanya fokus dalam menangani permasalahan sosial semata. "Lebih dari itu Karang Taruna saat ini sudah bertransformasi membantu masyarakat diberbagai bidang, pungkasnya.

*(Rifki Andespi)