SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

Dalam Rangka Memperingati Hari Hypertensi Sedunia, UPT Puskesmas Lemong Laksanakan Skrining PTM

Pesisir Barat, sakabuana.com - Dalam Rangka Memperingati Hari Hypertensi Sedunia, UPT Puskesmas Lemong Laksanakan Skrining PTM, di Aula Puskesmas setempat,Rabu (17/5/23).

Katia Yusnita, selaku Plt Upt Puskesmas Lemong mengatakan, Dalam Rangka Memperingati Hari Hypertensi Sedunia UPT Puskesmas Lemong telah melaksanakan Skrining PTM di Dua Pekon di Kecamatan Lemong yakni, pekon Lemong dan Pekon Suka Mulya. Dari jumlah 80 masyarakat yang telah Laksanakan Skring PTM, terdapat 22 orang yang terdeteksi Hypertensi, terangnya.

Ditambahkan Katia, Skring PTM ini dilakukan untuk masyarakat yang berusia 15-70 Tahun, Yang mana kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilaksanakan dalam waktu 3 bulan sekali oleh pihak puskesmas.

Hari Hipertensi sedunia 2023 atau World Hypertension Day diperingati tanggal 17 Mei setiap tahun nya. Hari ini dijadikan momen untuk kembali mengingatkan masyarakat akan Hypertensi, kondisi medis yang jadi salah satu 'Silent Killer' di Dunia.

Hypertensi merupakan kondisi tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu faktor resiko utama penyakit jantung dan Stroke, serta Hypertensi juga menjadi salah satu penyebab kematian Dini di Dunia, terang Katia.

Katia Yusnita berharap dengan dilaksanakan nya kegiatan ini semoga dapat di ketahui sejak dari awal, masyarakat yang mempunyai penyakit tidak menular terutama Hypertensi, sehingga bisa dilakukan pengobatan dan pemantauan secara rutin bagi masyarakat yang mengidap Hypertensi, pungkasnya.

*(Rifki)