SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

SOSIALISASI BANTUAN PEMERINTAH UNTUK HATINYA PKK" KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN 2023

 

Pesisir Barat, sakabuana.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal menyerahkan secara langsung bantuan ke Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kabupaten Pesisir Barat Dalam Bentuk Sarana dan Prasarana Pertanian.


Bantuan tersebut yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal, yang bertempat di Aula Rumah Makan Ceria Pekon Laay, Kec. Karya Penggawa, Selasa, (30/5/23).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi Kepada para kelompok Wanita Tani Kabupaten Pesisir Barat tentang bantuan Pemerintah untuk hatinya PKK kegiatan pencapaian target konsumsi pangan perkapita/pertahun sesuai angka kecukupan gizi, sub kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal Tahun 2023.

Hadir dalam Sosialisasi tersebut diatas, Ketua Umum TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal, Wakil Ketua II TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, L. Liastuti, S.Pd., M.M, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pesisir Barat, Unzir, S.P, selaku Ketua Pelaksana, Sekretaris Camat Karya Penggawa, para Narasumber Sosialisasi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pesisir Barat, Pengurus dan Anggota Kelompok Wanita Tani Bunga Tanjung Pekon Menyancang Kec. Karya Penggawa, serta Pengurus dan Anggota Kelompok Wanita Tani Kamboja Pekon Way Sindi Kec. Karya Penggawa.

Dalam sambutan pembukanya, Ketua Umum TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Istiqlal menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir dalam acara “Sosialisasi Bantuan Pemerintah untuk hatinya PKK”, semoga dengan acara ini, dapat menambah motivasi kita semua dalam rangka perkembangan pertanian bagi ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani Pesisir Barat khususnya, dan dengan adanya pelaksanaan Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga di Kabupaten Pesisir Barat.

"Pemberdayaan masyarakat adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat Desa", ujar Ketum TP-PKK

Selanjutnya, dalam mengembangkan potensi lokal Desa dan menumbuhkan masyarakat yang makmur dan sejahtera diperlukan partisipasi langsung dari masyarakat, hal ini dikarenakan peran serta masyarakat untuk pemberdayaan memiliki pengaruh yang penting untuk keberhasilan suatu program yang dilaksanakan oleh Lembaga Desa atau Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan disuatu Daerah mutlak harus dipenuhi, penganekaragaman konsumsi pangan adalah upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis makanan saja", tegas Ketum TP-PKK

Diakhir sambutannya, Ketum TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat mengajak seluruh para peserta sosialisasi yang tergabung dalam kelompok Wanita Tani Kabupaten Pesisir Barat.

"Setelah mendapatkan pembinaan pada hari ini diharapkan mampu menjalankan gerakan konsumsi pangan beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) ini dimulai dari rumah tangganya sendiri", tutup Ketum TP-PKK.

Rangkaian Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari para Narasumber dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para peserta sosialisasi kepada Narasumber.

*(rifki)