SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

Pekon Pardahaga Kecamatan Lemong Gelar Acara Budaya Kakiceran Malam Ke-5 Syawal

Pesisir Barat, sakabuana.com - Pekon Pardahaga Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat, gelar acara tradisi budaya tak benda kakiceran berjalan dengan lancar dan sukses, Minggu (14/04/2024).

Dalam kesempatan itu, Rodi Rawando, selaku peratin Pekon Pardahaga dalam sambutannya menyampaikan, Atas nama pemerintahan pekon mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dengan ucapan Minal Aidzin Wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin.

Lanjut Rodi, budaya Kakiceran ini adalah ajang dimana bujang gadis bertemu dalam silaturahmi, yang mana kakiceran ini dilaksanakan setiap bulan syawal dari pekon ke pekon secara bergantian hanya ada di kecamatan Lemong dan Pesisir Utara. 

kakiceran ini merupakan ajang lomba tari-menari yang dinilai oleh dewan juri, para dewan juri harus konsisten dalam memberikan penilaian dari unsur kerapian, tarian, serta gerak menari, tarian yang ditampilkan ada dua jenis tarian, yaitu tari cipta dengan gaya tarian yang memakai irama lagi, dan tari cipta hanya memperagakan tarian nya, terang rodi. 

Ditambahkannya, Disini saya sangat mengapresiasi Karang Taruna atas terselenggaranya kegiatan ini, Karna kegiatan budaya ini merupakan budaya tak Benda turun temurun yang memang dari dahulu kala sudah di laksanakan, juga terima kasih kepada seluruh undangan yang sempat hadir serta masyarakat yang antusias menghadiri, menyaksikan kegiatan lomba tari-menari ini, pungkas Rodi Rawando.

Turut Hadir Dalam Kegiatan Ini, M. Nursin Chandra, S.Pd.,M.M beserta Ibu TP-PKK Kecamatan Lemong, Rodi Rawando, Selaku Peratin Pekon Pardahaga Beserta Ibu TP-PKK Pekon Pardahaga, Seluruh Aparatur Pekon, Para Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta Masyarakat yang antusias ikut  hadir menyaksikan kegiatan perlombaan tari menari Kakiceran,tutup. *(RIFKI)