SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

ASISTEN I AUDI MARPI PIMPIN RAPAT FORUM KOMUNIKASI MONEV IMPLEMENTASI PELAKSANAAN PESIAR

 

Pesisir Barat, Sakabuana.com - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar), Audi Marpi, S.Pd., M.M., memimpin rapat Forum Komunikasi, Monitoring dan Evaluasi (Monev) Implementasi Pelaksanaan Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR) Pesibar, di ruang rapat Sekda Lantai 3 Gedung A Komplek Perkantoran Pemkab Pesibar, Rabu 24/07/2024

Rapat tersebut dihadiri Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Bumi, Wahyu Santoso, Kepala BPJS Kesehatan Pesibar, Desi Safriyani, dan diikuti perwakilan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Dalam kesempatan itu Asisten I, Audi Marpi mengatakan bahwa saat ini Universal Health Coverage (UHC) Pesibar mencapai 105 persen. Angka tersebut sekaligus menjadikan UHC Pesibar menjadi yang tertinggi di Provinsi Lampung. "Sedangkan untuk tingkat keaktifan pelayanan BPJS Kesehatan di Pesibar mencapai 80 persen lebih," ungkap Asisten I, Audi Marpi.

Asisten I, Audi Marpi menerangkan menyikapi kondisi dimaksud yang terbilang cukup baik itu, maka BPJS Kesehatan Cabang Kota Bumi dijadwalkan akan melaksanakan Program PESIAR di wilayah Pesibar. "Rencananya ada dua pekon yang akan menjadi pilot project pelaksanaan program PESIAR di Pesibar, yaitu Pekon Sumur Jaya Kecamatan Pesisir Selatan dan Pekon Negeri Ratu Ngambur Kecamatan Ngambur," kata Asisten I, Audi Marpi.

"Dua pekon tersebut merupakan pekon yang penduduknya hampir mencapai 100 persen dalam hal keikutsertaan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Untuk Pekon Sumur Jaya dari 1.559 jiwa tinggal 91 jiwa yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan, sedangkan Negeri Ratu Ngambur tinggal 72 jiwa dari 2.747 jiwa," imbuh Asisten I, Audi Marpi.

Masih kata Asisten I, Audi Marpi, posisi UHC Pesibar yang tinggi tersebut, diharapkan tidak hanya terjadi ditingkat kabupaten. Lebih dari itu, pihaknya menargetkan agar hal tersebut terjadi diseluruh pekon se-Pesibar. "Untuk mewujudkan hal tersebut nantinya akan ada Agen PESIAR yang akan bertugas untuk meningkatkan UHC dan menghimpun data masyarakat yang belum menjadi peserta BPKS Kesehatan agar segera didaftarkan. Agen PESIAR tersebut juga dijadwalkan akan dibentuk di masing-masing Kecamatan," papar Asisten I, Audi Marpi.

Asisten I, Audi Marpi juga menerangkan BPJS Kesehatan Cabang Kota Bumi telah membentuk Tim Forum Koordinasi yang diketuai oleh Pj. Sekda. "Dimana Tim Forum Koordinasi tersebut yang akan melakukan monev terhadap pelaksanaan PESIAR di Pesibar," pungkas Asisten I, Audi Marpi.

"Pemkab Pesibar berharap agar dalam pelaksanaan nantinya, Agen PESIAR mampu bekerja maksimal, sehingga peningkatan UHC ditingkat pekon dan target 100 persen peserta BPJS Kesehatan di masing-masing pekon dapat terwujud," tukas Asisten I, Audi Marpi.