SAKA BUANA

SAKA BUANA
TERKINI DAN BERIMBANG

Pemerintah Pekon Teba Liokh Realisasikan BLT-DD Tahap Pertama Kepada 21 KPM

Lampung Barat, sakabuan.com - Pemerintah Pekon Teba Liokh, Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat realisasikan Dua program menyalurkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama terhitung sejak Januari sampai juni terhitung 6 bulan tahun 2024 sebanyak 21 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), jum’at (24/05/2024)

Beserta Makanan tambahan untuk ibu hamil dan menyusui Makanan tambahan dan susu anak stunting dan gizi kurang, yang di bagikan kepada 9 penerima.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Pemerintah Kecamatan Batu brak, Pendamping Desa, Ketua Lembaga Himpunan Pekon (LHP) beserta anggotanya, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Aparatur Pekon dan Masyarakat Penerima Manfaat (KPM).

Dalam kesempatan tersebut, Peratin Teba Liokh Iwan mengatakan bahwa,” pemerintah kabupaten Lampung Barat memperhatikan kebutuhan ekonomi masyarakat yang kurang mampu dan sesuai pendataan, maka masyarakat penerima bantuan bisa terbantu.

Beliau juga menjelaskan bahwa masyarakat yang mendapat bantuan ini keluarga yang tidak mendapatkan bantuan lainnya seperti PKH, BPNT dan lainnya karena bantuan BLT-DD ini sumber bantuannya 20% dari dana desa yang dianggarkan oleh pemerintah pusat dan kementerian desa.

1,Keluarga miskin yang berdomisili di Pekon ini

2, Keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis;

3, Keluarga dengan rumah tangga tunggal lanjut usia; dan/atau.

4Keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

Dalam kesempatan yang sama juga juga Camat Batu Brak Ruspel Gultom Juga menyampaikan “masalah asupan gizi dalam kurun waktu yang panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan anak. Salah satu gangguan pada pertumbuhan anak adalah terhambatnya tinggi badan anak sehingga mengalami postur tubuh yang lebih rendah dibandingan dengan anak seusianya. Akan tetapi, tidak selamanya yang memiliki tinggi badan rendah mengalami stunting. Ada banyak faktor yang dijadikan pertimbangan bahwa suatu anak tersebut mengalami stunting.

Pemerintah terus berupaya untuk mengentaskan permasalahan terkait stunting. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah memberikan bantuan bahan pokok kepada warga yang terindikasi stunting. Bantuan bahan pokok diberikan secara langsung berupa Susu ibu hamil 3 kotak, 3 KG kacang ijo, satu karpet telor , dan 3 susu kotak, Dengan diberikannya bantuan bahan pokok, diharapkan dapat mengatasi permasalahan stunting di Pekon Teba Liokh ini.”tutupnya. *(Herdi)